Rabu, 03 Desember 2014

Karya Ilmiah Keberadaan Ekstrakurikuler di Sekolah

Keberadaan Ekstrakurikuler di Sekolah

 

















Oleh : Afida Nadhira Mediani / 9G



SMP NEGERI 1 SAMARINDA



Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunianya penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Keberadaan Ekstrakurikuler di Sekolah” karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran bahasa Indonesia.

Penulis sangat berharap karya tulis ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai pentingnya keberadaan ekstrakurikuler di sekolah dan bagaimana ekstrakurikuler itu dapat berperan dalam pembentukan kepribadian peserta didik dan tentu juga manfaat dari adanya kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Dengan terselesaikannya karya tulis ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.      Bapak Ramdhani dan Ibu Aida selaku orangtua saya yang telah memfasilitasi untuk membuat karya tulis ini.
2.      Ibu Sri Agustina selaku guru bahasa Indonesia dan sekaligus guru pembimbing saya.
3.      Teman-teman 9g yang telah membantu saya.

Penulis ingin meminta maaf jika banyak penyalahan kata dan penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu saran dan kritikan yang membangun dari pembaca sangat penulis harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi semua.


                                                                                                Samarinda – 28 Desember 2013
                                                                                                                    penulis






 






Daftar Isi

Kata Pengantar ..................................................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................................................ ii
BAB I   Pendahuluan
              A. Latar Belakang........................................................................................ ........... 1
              B. Rumusan Masalah............................................................................................... 1
              C. Tujuan Penulisan................................................................................................. 2
              D. Ruang lingkup.................................................................................................... 2
BAB II  Pembahasan
              A. Keberadaan ekstrakurikuler di Sekolah.............................................................. 3
               B. Keberadaan ekstrakurikuler sangat berperan dalam pembentukan                                         kepribadian siswa/siswi.................................................................................................................. ........... 3
               C. Fungsi dan manfaat dari keberadaan ekstrakurikuler di sekolah........................ 4
Bab III  Penutup
              Kesimpulan................................................................................................... ........... 6
              Saran........................................................................................................................ 6
Daftar Pusaka........................................................................................................................ 7












BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang

Asal kata ekstrakurikuler berasal dari dua kata yaitu ekstra yang berarti lebih, dan kurikuler yang artinya sama dengan kurikulum yang artinya pembelajaran.         Dari dua kata tersebut juga dapat diartikan bahwa ekstrakurikuler adalah pembelajaran ekstra/lebih, lebih disana dapat diartikan tambahan. Lebih lengkapnya lagi, ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa-siswi sekolah dan mahasiswa perguruan tinggi yang biasanya dilakukan di luar jam belajar. Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan berupa seni, olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi, kerohanian, dan masih banyak lagi.

Kegiatan ekstrakurikuler bukanlah hal yang baru. Kegiatan wajib ini sudah ada mulai dari SD sampai perguruan tinggi, semua lapisan pendidikan pasti mengenal kegiatan ini karena kegiatan ekstrakurikuler merupakan proses yang sistematis yang sadar di dalam membudayakan warga negara muda yang agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.
Kegiatan-kegiatan siswa di sekolah khususnya kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum.
Yang dimaksud dengan kegiatan terkoordinasi di sini adalah kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh guru, sehingga waktu pelaksanaan berjalan dengan baik.


B.      Rumusan Masalah

Bertolak dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang diangkat dalam karya tulis ini  adalah sebagai berikut.
1. Bagaimana keberadaan ekstrakurikuler di sekolah ?
2. Bagaimana ekstrakurikuler sangat berperan dalam pembentukan kepribadian                siswa/siswi?
3. Bagaimana fungsi dan manfaat keberadaan ekstrakulikuler di sekolah ?
C.      Tujuan Penulisan  

Tujuan penulisan karya tulis ini agar masyarakat dan khususnya orang tua peserta didik mengetahui kepentingan dan manfaat dari keberadaan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah. Menambah wawasan dan pengetahuan masyakarat akan pentingnya ekstrakurikuler dalam pembentukan kepribadian serta strategi dalam pembentukan kepribadian siswa-siswi di sekolah tersebut.

D.      Ruang Lingkup
           
Dari rumusan masalah di atas dapat kita tulis hal-hal pokok tersebut sebagai berikut :
    1. Keberadaan ekstrakurikuler di sekolah.
    2. Keberadaan ekstrakurikuler sangat berperan dalam pembentukan                                                    kepribadian siswa/siswi.
    3. Fungsi dan manfaat dari keberadaan ekstrakurikuler di sekolah.
















BAB II
PEMBAHASAN

A.      Keberadaan Ekstrakurikuler di Sekolah
Dalam proses pendidikan di sekolah dikenal dua kegiatan yang cukup elementer, yaitu kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan kurikuler merupakan kegiatan pokok pendidikan akademis yang di dalamnya terjadi proses belajar-mengajar antara peserta didik dan pendidik untuk mendalami materi-materi ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan tujuan pendidikan dan kemampuan yang hendak diperoleh peserta didik. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan non akademis yang dilakukan dalam rangka mengembangkan aspek-aspek tertentu dari apa yang ditemukan pada kurikulum yang sedang dijalankan. Memang ada beberapa tempat selain pendidikan dalam kelas yang dapat membentuk karakter siswa tersebut, dimana salah satu wahana pengantarnya adalah kegiatan ekstrakurikuler.
Keberadaan kegiatan ekstrakurikuler bisa dikategorikan sebagai sebuah ciri khas dari sekolah tersebut. Keberadaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangatlah penting karena sekolah bisa memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi, minat, bakat, dan hobi yang mereka miliki. Selain itu, keberadaan ekstrakurikuler sangat memberi banyak manfaat dalam pembentukan kepribadian siswa. Keberadaan kegiatan ekstrakurikuler pun ikut andil dalam menciptakan kecerdasan yang tinggi selain pada bidang akademik pada siswa-siswi di sekolah.
Perlu diluruskan bahwa kecerdasan manusia tidak hanya dilihat dari kecerdasan intelektual (IQ) saja, tetapi juga dilihat kecerdasan emosionalnya (EQ), kecerdasan kreativitasnya (CQ), dan kecerdasan religiusnya (RQ). Keberagaman kecerdasan ini sangat mungkin tidak terakomodasi selama proses pembelajaran. Sekolah hanya mengutamakan pada bidang akademik. Padahal potensi anak pada kegiatan non akademik pun lebih beragam.

B.      Keberadaan Ekstrakurikuler sangat berperan dalam pembentukan kepribadian siswa/siswi

Melalui ekstrakulikuler para siswa bisa memupuk jiwa sportif dalam aneka perlombaan baik yang digelar secara internal disekolah maupun eksternal dengan sekolah lain. Ekstrakurikuler juga bisa mengajarkan peserta didik akan arti organisasi, walaupun dalam skala yang kecil. Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini siswa-siswi bisa belajar menjadi pemimpin, pengurus, atau bahkan belajar mengemas suatu acara dengan kekreativitasan yang dimiliki siswa/siswi tersebut sehingga acara tersebut terlihat lebih menarik. Dan banyak lagi hal positif yang dapat diperoleh siswa dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Keberadaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat membantu dalam pembentukan kepribadian siswa-siswi dalam hal kedisiplinan. Siswa-siswi dapat belajar disiplin misalnya dalam hal harus datang tepat waktu sesuai yang sudah dijadwalkan oleh masing-masing kegiatan ekstrakurikuler dan jika siswa terlambat akan ada konsekuensinya. Kegiatan ekstrakurikuler juga membantu dalam pembentukan karakter bertanggung jawab, misalnya siswa/siswi ditunjuk menjadi ketua sebuah kegiatan ekstrakurikuler. Siswa/siswi harus belajar untuk mempunyai sebuah tanggung jawab sebagai ketua contohnya ketika kegiatan ekstrakurikuler yang siswa/siswi ikuti ingin mengadakan sebuah acara atau perlombaan, maka jalannya pelaksanaan dan apapun yang terjadi di acara atau perlombaan tersebut merupakan tanggung jawab siswa/siswi sebagai ketua. Sifat bersosialisasi yang tinggi juga dapat dibentuk di kegiatan ekstrakurikuler ini, dimana siswa/siswi menambah banyak teman dan siswa/siswi juga dapat mengenal siswa-siswi dari sekolah lain. Pembentukan sifat bersosialisasi siswa/siswi juga dilihat dari cara mereka beradaptasi terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang mereka ikuti.
    
Adapun beberapa contoh strategi untuk pembentukan karakter adalah sebagai berikut :
      
A.   Keteladanan dan keuletan.
B.      Pembiasaan
C.    Penanaman kedisiplinan.
D.   Meletakkan landasan karakter yang kuat melalui internalisasi nilai dalam                    pendidikan jasmani.
E.    Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cintai damai, sikap                       sosial dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis, dan agama.
F.    Menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui pelaksanaan tugas-             tugas.      
G.   Mengembangkan keterampilan untuk melakukan aktivitas jasmani dan                       olahraga, serta memahami alasan-alasan yang melandasi gerak dan kinerja.
H.   Menumbuhkan kecerdasan emosi dan penghargaan terhadap hak-hak asasi                orang lain.
I.     Mengembangkan keterampilan dan kebiasaan untuk melindungi                                 keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.
J.     Menumbuhkan cara pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani                  dan pola hidup sehat.
K.   Menumbuhkan kebiasaan dan kemampuan untuk berpartisipasi aktif secara    teratur dalam aktivitas fisik dan memahami manfaat dari keterlibatannya.
L.    Menumbuhkan kebiasaan untuk memanfaatkan dan mengisi waktu luang       dengan aktivitas jasmani yang bersifat rekreatif.
C.      Fungsi dan manfaat dari keberadaan ekstrakurikuler di sekolah.
Berikut beberapa contoh dari fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut :
       A. Pengembangan,yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan
             kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat        mereka.
          B.  Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan        dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
          C.  Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana         rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang    proses perkembangan.
          D.  Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.

Tidak hanya memiliki fungsi, kegiatan ekstrakurikuler pun memiliki manfaat yang banyak sekali. Kita bisa mendapatkan aneka ilmu yang bermanfaat. Dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih tentu ada dasar-dasar ilmunya. Bila kegiatan ekstrakurikuler berada dibawah bimbingan guru yang tepat, kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi wadah yang tepat bagi para siswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuan mereka yang terpendam.

Selain dari teks diatas manfaat lain dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut :

1.  Melatih sikap disiplin, kejujuran, kepercayaan, dan tanggungjawab dalam diri siswa-siswi tersebut.
2.  Mengembangkan etika dan akhlak.
3.  Mengembangkan sensitivitas peserta didik dalam melihat persoalan-persoalan sosial-keagamaan sehingga menjadi manusia yang produktif terhadap permasalahan sosial keagamaan.
4.  Memberikan bimbingan dan arahan serta pelatihan kepada peserta didik agar memiliki fisik yang sehat, bugar, kuat, cekatan, dan terampil.
5.  Memberi peluang peserta didik agar memiliki kemampuan untuk komunikasi.
6.  Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini siswa juga dapat menambah teman dan menambah banyak pengalaman dari lomba yang diadakan atau pertandingan persahabatan dengan sekolah lain.





BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan

     Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler adalah kegiatan berupa olahraga, kesenian, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, kerohanian, kepramukaan dan sebagainya adalah  untuk mengembangkan minta,bakat, dan potensi dari siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut. kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setelah jam pelajaran biasa di sekolah telah usai. Keberadaan ekstrakurikuler dapat membantu dalam pembentukan karakter dari peserta didik tersebut seperti karakter disiplin, bertanggung jawab, bersosialisasi, dan sebagainya. Keberadaan ekstrakurikuler juga sangat memberi peran terhadap sebuah sekolah bukan hanya karena bisa menjadi sebuah ciri khas, tetapi karena ekstrakurikuler adalah kegiatan yang memiliki sangat banyak manfaat, fungsi dan tujuan yang sangat berguna untuk kecerdasaan, kesehatan, kepribadian, dan keterampilan dari peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler tersebut.

B.     Saran
Karena pentingnya keberadaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, penulis menyarankan agar sekolah tidak hanya selalu mengutamakan dan memerhatikan kegiatan siswa/siswi saat belajar di kelas saja, tetapi juga dalam kegiatan ekstrakurikuler dari siswa/siswi yang dilaksanakan di luar jam belajar di kelas biasa. Karena belum tentu semua peserta didik menguasai pelajaran yang ada di dalam kelas, tetapi peserta didik tersebut lebih menguasai bakat atau potensi yang dia miliki di luar kelas. Dan saya juga memiliki saran untuk siswa dan siswi yang kurang memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler sebaiknya tetap berpikir jika pengembangan bakat dan potensi yang dimiliki seseorang sebaiknya dikembangkan agar dapat meraih hasil yang sukses dimasa mendatang nanti bagi diri sendiri dan orang lain.


















DAFTAR PUSTAKA

http://farikhiusi.blogspot.com/2013/06/contoh-karya-ilmiah-pengaruh-kegiatan.html
http://nuansa-pendikar.blogspot.com/2012/02/ekstrakurikuler-sebagai-wahana.html

http://cikkka.blogspot.com/2012/12/contoh-karya-ilmiah.html

1 komentar:

  1. hai kak, izin menggunakan karya ini utk tugas sekolah saya, karena guru saya menugaskan untuk mencetak contoh ki saja,, terima kasih

    BalasHapus